Kamis, 30 Juni 2011

Tips Merawat Satria FU 150 cc Kesayangan anda



berikut masalah2 yg pernh gue alami dengan motor ini :


kopling putus


gas berat


tarikan kurang dahsyat


sering kluar suara ledakan dari knalpot


cepat panas


mungkin ada kekurangan lain namun gw belum merasakan


Kopling putus





emang sich kopling satria FU itu lebih cepat putus,, itu karena bentuk sirkuit (balapan kali) alur, alur dari tali kopling yg melengkung lebih daripada kopling motor lain.
cara untuk memperpanjang umur tali kopling gampang aja, kan kopling tuh tarik ulur ya? nah kalau proses demikian menghasilkan gesekan, teorinya tuh kalau gesekan suatu benda terhadap benda lain berkurang maka gaya yang dihasilkan semakin kecil , nah gaya gesekan itu yang membuat kopling cepat putus. Jadi kalau di teori fisika tuh kita harus menghilangkan gaya gesek atau minimal mengurangi (kalau menghilangkan gak mungkin deh hahahaha). Nah ini dia (panjang teori nie,,gak praktek), ,nah ini cara mudahnya :
1. buka pengunci kopling (yg pasti cari di kopling lah jgn di rem kaki) pakai tang jepit
sampai agak longgar dan kelihatan menganga sehingga tali kopling dan alurnya terlihat.
2. stang di bikin belok kanan
3. semprotkan degan pelumas WO3D, tapi kalau ga punya duit buat beli kayak gue aja pakai oli bekas atau minyak sayur.
4. nah tarik ulur deh koplingnya sambil melihat di buat itu keluar gak kotorannya,,kalau gak keluar tambahin terus olinya.
5. kalau udah cukup puas degan hasil (terlihat kluar itu kotoran) lalu normalkan kembali posisi pengunci kopling,,tapi ingat lubang menganga tadi dibikin ke bawah untuk mengurangi debu dan kotoran lain masuk.




gas berat

nah kalau yang ini mirip sama kopling,, cuma bukan karena alur kabel gas yang melengkungnya beda,, tapi karena mungkin kabel gasnya juga udah kering dan kotor,,sehingga berat deh. Solusinya gampang aja
1. liat di bawah stang gas anda,, ada kabel yang tebel gatu karena ditutupi bahan karet.
2. buka itu bahan karet sehingga terlihat seperti pengunci,,nah puter deh sampe dy kebuka,,kayaknya sie emang agak lama muternya soalnya dalem,,pakai bantuan tang jepit aja
3. setelah kebuka keliatan tuh dia lubang dan kabel gas,,kasih deh minyak sayur atau kayak tadi itu di komling, nah ini juga sama sambil tarik ulur gas,,cuma dia gak ada keluaran kotoran kayak koling tadi, cuma supaya licin aja.
4. satelah puas tarik ulur, balikin sepeti semula.
5. oiya hati2 ama ini!!kadang kalau puteran gasnya gak tepat entar motornya pas dinyalain gasnya langsung meraung raung.



Tarikan kurang dahsyat
wah kalo yang ini sich tergantung pengguna ya,,
Teori lagi nie,, tenaga besar berarti membutuhkan energi yg besar. Jadi motor ini kan 150 cc, taulah akibatnya kan?minum bensinnya banyak hahahahaha!! nah itu aja blum cukup,,nie motor kalau mau mendapat peforma terbaik jg harus diberi nutrusi terbaik jg,,layaknya kita kan di kasih vitamin, susu, dll. Tapi kalau motor kita gak semanja kita,, yang paling pentig ini motor harus di kasih bensin yang memiliki oktan diatas 90 atau minimal anda memakai Pertamax, kalau banyak duit ya pakai PERTAMAX++ yang warnanya merah. Oli pelumas mesin..Karena motor kita 4 Tak, walhasil pengetahuan tentang Olie wajib dipahami dengan baik. Mudah2an artikel ini memberikan pencerahan untuk para Satria…


Banyak motormania asal pakai oli mesin buat motornya, tanpa memperhatikan spek oli sesuai atau tidak. Jangan gitu, deh! Soalnya, teknologi mesin sekarang makin canggih. Alhasil menuntut pelumas sepadan.


Umumnya motor-motor keluaran 2001 ke atas, komponen mesinnya dibikin lebih presisi dengan meminimalkan clearance, Ujar Paulus Suwandi, general manager training 2W & 4W Dept. PT Indomobil Suzuki International (ISI). Agar pelumas mudah masuk ke celah-celah sempit tersebut guna melindungi terhadap gesekan langsung antarkomponen, diperlukan oli lebih encer.


Contohnya K*w**s*k* Z*1*0. Bila Anda perhatikan, pada tutup oli tertera angka 10W-40. Artinya oli yang cocok digunakan harus punya tingkat kekentalan 10W-40. Pada suhu mesin dingin, tingkat kekentalannya berada pada angka 40. Sementara saat mesin panas, ada di angka 10. Sebab, jagoan anyar Kawasaki ini mengusung teknologi mesin dengan jeroan berclearance sangat sempit. Misalnya rocker arm yang sudah menganut sistem bearing. Sehingga celah katupnya makin diperketat. Dengan begitu, sudah pasti membutuhkan oli yang lebih encer agar mudah menyusup ke celah tersebut.
Sementara pada produk Suzuki, disarankan menggunakan oli dengan spesifikasi SAE 20W-50. Begitu pula dengan rata-rata produk Honda maupun Yamaha. Tapi bukan berarti oli 10W-40 haram digunakan. Sebenarnya Oli yang lebih encer justru lebih bagus. Sayangnya, jika pakai pelumas tersebut suara mesin jadi lebih berisik dibanding bila pakai yang SAE 20W-50. Konsumen mana mau ngerti soal itu. Mereka tahunya motor baru mesinnya harus halus. Makanya oleh pabrikan standarnya dipakai yang 20W-50, terang Paulus.


Masih kata Paulus, oli SAE 10W-40 justru membuat kompresi mesin jadi lebih besar ketimbang oli yang lebih kental. Mesin pun jadi tokcer dihidupkan. Namun pada beberapa motor, bila menggunakan pelumas 10W-40, kemungkinan kampas kopling selip lebih besar, kata Eko Santoso, mekanik Milenium Putra Motor, Jln. Arief Rahman Hakim No.8-9 Depok. Makanya simak di kemasan luar oli apakah cocok buat mesin 4-T atau tidak.


Oli 20W-50 akan lebih banyak menimbulkan kerak dari SAE 10W-40. Namun karena lebih kental, suhu mesin terjaga. Itu bagus buat motor yang sering melakukan perjalanan jauh atau sering terjebak di kemacetan ibu kota, tambahnya. Selain itu umumnya harga oli 20W-50 memang lebih murah. Banderolnya rata-rata Rp 20 ribuan. Sedang yang SAE 10W-40 paling murah Rp 29 ribu. Pilih mana? Itu sih terserah anda, heeheheheh
(gw sudah mencoba memakai pertamax dan memakai pelumas Motul Sae 40 5100,, n hasilnya kmrn tmn gw blg : "Jo motor lw ringan bet,, tarikannya enak pula".. dalam hati moga2 ga rajin minjem ney anak)
ney oli yg gw pke





Selain itu kl mw hasil yang lebih lebih n lebih lagi,, bawa aja ke bengkel bwt modif,, misal ganti karbu King, ganti knalpot, pilot jet, spuyer dll. tp mungkin bensin lw rasionya 1 : 15 atau parahnya 1 : 10 hahahaahah( gw mah sbg anak kosan ogah)


Sering keluar suara ledakan dari knalpot
Nah ini ney,, pas gw lg jalan gt tiba2 koq kluar suara letupan dari knalpot,, gw kira apaan,, tp emang c efeknya pada motor ga ada. Tp keknya c ini cukup mengganggu qta,koq motor keren kerjaannya KENTUT ??
Nah crita punya crita ternyata itu dikarenakan dari pilot jet ney Satria. Pilot jet itu apa ya? pilot kan yg menerbangkan pesawat,, brati ney pilot nerbangin pesawat tempur. Trus apa hubungan ma motor??
 ternyata pilot jet itu gunanya untuk main bawah(gigi 1,2,3)sedangkan abangnya main jet untuk main atas (gigi 4,5,6). Nah tp skrg yg jd masalah kan pilot jet,,karena apa? ternyata dari pabrikan Satria FU pilot jetnya kalier 12,5. Yaiyalah masa motor balep kecil bet pilot jetnya?makanya kl ente bahlul mau ganti sama pilot jet ukuran 15 atau malah 17,5. Dijamin knalpot loe gak bakal kentut lagi deh,, cuma efek sampingnya sekali lg yaitu pada dompet anda,, motor jd lebih boros, tapi hasilnya gak ngecewain deh..


contoh gambar pilot jet



cepat panas
Nah ini banyuk dengar dari orang sih bilang,, kok Satria FU cpt panas ya??motor bebek gue aja gak segitunya deh.. Wah nie orag membandingkan goliat degan semut,, motor bebek dy tuh beda sama Satria FU,, dari segala sesuatunya aja udah beda,, tenaga apalagi Satria FU memakai sistem DOHC membuat ia terbaik di kelasnya.
Nah kalau ini mah gue baca dari artikel orang mereka biasanya pasang fan di depan mesinnya,ada kok dijual di bengkel gt harganya sekitar 50rb-60rb..
nie contoh fan nya



NaH sekian yang bisa saya berikan,, semoga bermanfaat.. Yang paling pntg adalah rajin2lah anda servis motor,,kalau bisa sebulan sekali, tapi minimal 3 bln sekali,, terus pilih oli yang terbaik dan ganti setiap 3000km (untuk pemakaian yang jarang) atau tiap servis (jika pemakaian kurang ajar,,mksudnya pemakaian yg over)..

1 komentar: