Kamis, 30 Juni 2011

Macam Aliran Modif Satria FU

yaap kali ini gue mau coba sedikit ngebahas beberapa macam aliran modif sederhana buat satria fu, karena sekarang ini udah banyak banget parts penunjang untuk ngemodif nie motor,gak kayak dulu masih langka..

1.Old School
Yap ciri aliran yang satu ini bisa di bilang lagi booming banget,karena gak perlu banyak yang di modif  hanya menonjolkan satu ciri aja,missal yang paling menonjol adalah penggunaan velg Spoke Wheel / Jari – jari
Ciri khas utama:
-Velg Jari – jari
-Aksesoris Bolt On
-Ban Kecil
-Saluran Knalput Racing,dll


2.Drag Style
Yap Disini masih ada unsure Old School Nya juga,dimana penggunaan velg jari2 sangat di wajibkan,kenapa??biar makin enteng lha tarikaaaan nya.
Ciri Khas:
-Stang Jepit Aftermarket
-Velg Jari2
-Ban Kecil
-Trondol / Body Semi Open
-Penggunaan Full Parts racing ( Jeroan Mesin Sampe Knalpot,,Wajib Bgt )


3.Elegance
Aliran Ini Lebih sedikit merombak Fu untuk Gaya2an aja sie,FU standarnya aja dah keren,apa lagi di tambah ini itu..
Ciri khas :
-Body Full Airbrush / Cat Unique
-Rangka dan Kaki2 Berlapis Chrome
-Full Acc (Racing gk Wajib)
-Dll


4.Racing Look
Aliran Ini lebih menonjolkan aura balap untuk FU nya,mungkin ada yang sampai ngeggunain acc Full Racing
Ciri Khas :
-Foot step Underbond
-Knalpot Racing
-Body Simple Collor
-Penggunaan Ban Besar
-Velg Masih Racing
-Jeroan sampe Part Penunjang Full Racing
-Gp Look
-Body Custom
-dll




Ya gue rasa sekian dulu karena masih banyak banget pic yang gak bisa gue uplod,jadi yang penting usahain kalau mau modif satria fu nya jangan ilangin parts yang paling vital,macam kaca spion,lampu,pentil,plat nomor sama Helm Ber SNI, karena bisa2 disentil ntar kamu sama pak polisi.
kalau ada yang mau nambahin silahkan sharing disini,ntar biar gue edit lagi..


Tips korek harian satria FU

Berikut adalah tips pertama untuk korek harian untuk satria fu kamu:

ya main jet naikin 2-3 step. Misalnya dari 115 jadi 130 (karena mainjet paling efektif untuk 3/4 - full throttle alias gas dibuka pol)adalah untuk top speed. Kalo pilot jet ga ngaruh untuk top speed tapi untuk start awal, pilot jet untuk 0 - 1/4 throttle..tapi kalo mo agak enak ya bisa naikin 1-2step, misal 12,5 jadi 15 atao 17,5..jangan terlalu besar nanti boros dan karburator bisa mengembun karena bensin banyak tapi udara cuma seadanya.

nah sisanya 1/4 - 3/4 throttle (hitung dari putaran grip di setang) naikin klip jarum skepnya 1-2 tingkat.
kalo bisa filter udara dibuka dan diganti pake after market kaya K&N ato yang produk cina (yang filternya diolesi oli) supaya angin lebih banyak masuk tapi debu tetep terperangkap di filter.
tapi air screw diset lg.( putar air screw, searah jarum jam sampai mentok, lalu putar lg ke kiri sampai dapat rpm tertinggi, lalu baru atur gasnya turunin jd 1400 rpm),biasanya dapat 1 - 1 1/2 putaran counter clockwise,berarti pilot jetnya pas…
Nah kalo karburatornya kan Mikuni BS 26-187 (dia. 26 mm) kalo mo diganti Keihin PE 28 (dia. 28 mm) juga bisa dan harus di re-jetting lg (ganti pilot jet, mainjet dan atur posisi clip jarum skep yang paling cocok). tapi pake standardnya jg udah enak ko...
trus untuk mekaniknya, gear (sprocket) belakang kurangi 2 atau 1 mata, mis dari 43 menjadi 41 atau 42 mata..atau gear depan ditambah 1 mata..
Tarikan jd sedikit kurang tapi top speed akan bertambah..
Kalo kompresi satria udah cukup tinggi 10,2 : 1 , jd emang mesti pake pertamax 92..kalo mau naikin kompresi lg sih terserah.. tp bensin oktannya mesti pake yang tinggi (mis. pertamax plus 95), kalo ngga nanti mesin bisa knocking alias ngelitik..kalo dibiarin yaa mesinnya kasian dan jd cepet rusak komponennya, piston, ring piston dll..



♠ berikut tips kedua untuk korek harian satria fu:

PUTARAN BAWAH MBREBET
Gejala mbrebet di putaran mesin (rpm) bawah banyak dirasakan penyemplak Satria F150. Bahkan selepas pelintir gas terkadang disertai letupan di moncong knalpot. Hasil penyelidikan ADI, mekanik Kondang, Krian Sidoarjo, menemukan indikasi minimnya suplai bensin. Sebab, ukuran pilot jet 12,5 terlalu kecil melayani mesin gambot berkapasitas 150 cc.

"Pernah saya praktikkan mengganti ukuran 15 sampai 17,5. Keluhan brebet beberapa konsumen bisa teratasi. Lalu setelan angin sedikit dibuka. Bila standarnya setengah putaran ditambah menjadi satu putaran," ujar Adi.

Nah, karena putaran atas tidak bermasalah ukuran main jet biarkan standar. Tetapi buat menambah power atasnya silakan dinaikkan satu step. Yaitu dari 110 menjadi 115.

Selain mbrebet, karburator model vakum Satria F150 dikeluhkan kurang responsif. Gas dipelintir mendadak tarikan motor justru tercekik. "Satu-satunya solusi hanya dengan mengganti karbu. Pilihannya Mikuni 26 (Yamaha RX-King), Keihin 26 (Honda NSR 150R) atau Keihin 28 (Honda NSR 150SP)," tambah mekanik ceking ini.

Apabila memilih pemasok dari NSR SP gunakan pilot jet 38 dan main jet 120. Berbeda jika pakai karbu RX-King. Putaran bawah minta spuyer 22,5 dan atasnya 150. Bahan bakar sebaiknya tetap menggunakan Pertamax. Bila ganti Premium muncul gejala ngelitik.

CDI LIMITER
Bagi yang doyan kebut-kebutan dijamin kecewa dengan CDI Satria F150. Pada 11.000 rpm, putaran mesin tercekik karena otak pengapiannya dilengkapi limiter. Mengatasinya langsung ganti dengan CDI tanpa pembatas rpm (unlimiter). Pilihannya cukup banyak mulai produk lokal hingga impor.

Paling murah buatan Cibinong (CDI BRT) dibanderol Rp 550 ribu. Atau otak pengapian Thailand seperti LEK dan TDR Racing. Bahkan keluaran Jepang merek Shindengan juga tersedia. Harga bervariasi mulai Rp. 1,1 juta sampai Rp. 1,7 juta.

Keluhan lainnya, CDI rawan hilang. Letaknya di kolong cover bodi bisa diraba dengan tangan. Maling dengan mudah menggapainya. "CDI konsumen saya ada yang nyaris hilang. Posisinya sudah terlepas dari dudukannya. Mencegahnya bisa diikat dengan cable ties ke rangka," saran Adi.



♠ Langkah ketiga tips untuk satria kamu tapi tips ini agak mengeluarkan kocek yang agak lumayan tapi sebanding dengan peningkatan performanya:

2.Suara mesin cek..cek..cek..(yah kira2 begitu deh suaranya) pada saat dingin dan setelah mesin panas suaranya hilang. Itu tanda dari baut penonjok tensioner haus atau pernya sudah lemah. Resikonya rantai keteng loncat dan pastinya klep nonjok ke piston, dan hancur :))
Solusinya : Ganti baru dengan harga yg cukup mahal 100rb lebih, atau bisa diakali dengan beli punya Suzuki smash kira2 50rb trus tambah daging ke tukang bubut. dipasang lg hasilnya setelah 2 thn gak ada masalah sampai sekarang. Tambahan : Bisa Juga dengan membuat drat baru di tensioner luar dan diganti dengan baut yang panjang untuk nonjok sampai ke dalam, jadi itungannya kita tinggal mengencangkan baut secara manual apabila suara rantai keteng kita sudah mulai brisik.

3.Suara rantai dan gir klotok - klotok.
Solusinya : Bisa dari girnya sudah haus minta diganti yg baru atau tanda stelan rantai terlalu keras, so.. tinggal distel ulang jangan terlalu kendor jangan terlalu keras yang sedang2 saja dirasa pake jari ketegangan rantainya.

4.Pasang karbu Keihin PE 28mm ( Karbu SP)
Solusinya : Ganti kabel gas dan disesuaikan panjangnya bisa juga pakai originalnya tapi harus dipotong dan di solder ujungnya agar pas. Jangan pakai spuyer aslinya ganti disesuaikan dengan kondisi motor, semisal bisa pakai pj/mj 17,5/120 atau 17,5/115 (kondisi standar). Herannya malah jauh lebih hemat bensinnya, logikanya kita buka gas sedikit saja sudah ngacir. Trus diusahakan untuk mencopot kran bensin vakum ganti dengan kran bensin manual bisa pakai punya kitaco atau merk lainnya, untuk mencegah kalau2 sampe banjir bisa langsung ditutup aliran bensinnya dan bisa mempercepat aliran bensin ke karbu.

5.Meningkatkan Performa Step - Stepnya :
- Ganti Pilot Jet dan Main Jet (kalo bisa original karena ukurannya pas)
- Ganti Karburator bisa SP PE28(Recomended), Punya Ninja, RX-King (Recomended), PWM 28 Vacuum kalo gak salah, dll, tergantung minat dan kantong :).
- Ganti knalpot berikut silincernya, bisa pake model freeflow seperti Endurance stainless(recomended for circuit use) atau carbon(recomended for street only), Yoshimura Titan, DBS.
- Ganti CDI non limiter bisa pakai Lek Step 1 kisaran 1jt, Lek Step 2 kisaran 1,7jt, Shindengen kisaran 800rb, Shindengen E8 kisaran 1,8jt, Mr. Ya kisaran 4jt, BRT kisaran 650 - 900rb, XP kisaran 700rb, Rextor kisaran 800rb.
- Ganti Koil racing bisa pakai Blue Thunder kisaran 125rb, Nology Hotwire kisaran 1,5jt, YZ 250 kisaran 750rb.
- Porting Polish Headnya biaya kisaran 100rb 1 lobang.
- Paking head ke blok yang besi di copot 2 karena dia ada 3 lapis bisa meningkatkan akselerasi dan kompresi naik.
- Tutup lobang katalis dgn membuat paking dr besi atau besi babet sesuai dengan bentuknya.Dan lobang di bawahnya ditutup dengan baut topi ukuran 8 dengan drat 10. atau bisa di tap dan disumpel baut 10.
- Ganti gir depan dan belakang sesuai dengan setingan motor.
- Ganti ban kecil depan belakang (not recomended) , resiko kalo hujan daya cengkram ban ke aspal sedikit, dan kalo belok kecepatan tinggi resiko traksi hilang dari aspal.(Recomended) ban ukuran dpn 80/90/17, blkng 90/90/17, cari soft compound.
- Lampu kurang terang bisa ganti dengan bohlam Halogen apa saja atau bisa pakai Philips 35/35/12w, atau mungkin bisa pake HID khusus motor.
- Klakson kurang kencang bisa ganti yg stereo(double) dengan ditambahkan relay mobil, harga bisa bervariatif.
- Piston bore up bisa pakai scorpio dengan crankcase di bubut juga, FXR atau bisa pakai ukuran lain, Yang pasti cc naik dan akselerasi tambah yahud. Biaya dr 900rb - ?? tergantung minat. Resiko semakin besar cc dibawa hariannya makin tidak enak gak bisa pelan, karena stroke naik dari standarnya.
- Camshaft dibubut sesuai dengan settingan yang diinginkan.
- Ganti per kopling.
- Ganti per Klep (Not Recomended) karena banyak yg kejadian patah dan membuat klep bengkok atau bisa patah, makan biaya lagi tuh..
- Naikkan derajat pengapian(Not Recomended) resiko cam menghajar klep.
- Suara Rem blakang serasa membawa tikus di ban nyit nyit nyit, tanda kanvas rem kotor, buka dan bersihkan dan diamplas sedikit atau stelan rantai kiri dan kanan di arm tidak pas. Coba untuk menyetel ulang.
- Bensin pakai pertamax plus, bisa menambah performa dan menghemat karena pembakaran lumayan sempurna. Atau pakai pertamax, diusahakan jangan sering mengganti2 bahan bakar karena menyebabkan kerak di ruang pembakaran.
- Oli pakai yang semi sintetic jangan yang terlalu encer seperti 5w/40. Minimal 10w/40.

Tips Merawat Satria FU 150 cc Kesayangan anda



berikut masalah2 yg pernh gue alami dengan motor ini :


kopling putus


gas berat


tarikan kurang dahsyat


sering kluar suara ledakan dari knalpot


cepat panas


mungkin ada kekurangan lain namun gw belum merasakan


Kopling putus





emang sich kopling satria FU itu lebih cepat putus,, itu karena bentuk sirkuit (balapan kali) alur, alur dari tali kopling yg melengkung lebih daripada kopling motor lain.
cara untuk memperpanjang umur tali kopling gampang aja, kan kopling tuh tarik ulur ya? nah kalau proses demikian menghasilkan gesekan, teorinya tuh kalau gesekan suatu benda terhadap benda lain berkurang maka gaya yang dihasilkan semakin kecil , nah gaya gesekan itu yang membuat kopling cepat putus. Jadi kalau di teori fisika tuh kita harus menghilangkan gaya gesek atau minimal mengurangi (kalau menghilangkan gak mungkin deh hahahaha). Nah ini dia (panjang teori nie,,gak praktek), ,nah ini cara mudahnya :
1. buka pengunci kopling (yg pasti cari di kopling lah jgn di rem kaki) pakai tang jepit
sampai agak longgar dan kelihatan menganga sehingga tali kopling dan alurnya terlihat.
2. stang di bikin belok kanan
3. semprotkan degan pelumas WO3D, tapi kalau ga punya duit buat beli kayak gue aja pakai oli bekas atau minyak sayur.
4. nah tarik ulur deh koplingnya sambil melihat di buat itu keluar gak kotorannya,,kalau gak keluar tambahin terus olinya.
5. kalau udah cukup puas degan hasil (terlihat kluar itu kotoran) lalu normalkan kembali posisi pengunci kopling,,tapi ingat lubang menganga tadi dibikin ke bawah untuk mengurangi debu dan kotoran lain masuk.




gas berat

nah kalau yang ini mirip sama kopling,, cuma bukan karena alur kabel gas yang melengkungnya beda,, tapi karena mungkin kabel gasnya juga udah kering dan kotor,,sehingga berat deh. Solusinya gampang aja
1. liat di bawah stang gas anda,, ada kabel yang tebel gatu karena ditutupi bahan karet.
2. buka itu bahan karet sehingga terlihat seperti pengunci,,nah puter deh sampe dy kebuka,,kayaknya sie emang agak lama muternya soalnya dalem,,pakai bantuan tang jepit aja
3. setelah kebuka keliatan tuh dia lubang dan kabel gas,,kasih deh minyak sayur atau kayak tadi itu di komling, nah ini juga sama sambil tarik ulur gas,,cuma dia gak ada keluaran kotoran kayak koling tadi, cuma supaya licin aja.
4. satelah puas tarik ulur, balikin sepeti semula.
5. oiya hati2 ama ini!!kadang kalau puteran gasnya gak tepat entar motornya pas dinyalain gasnya langsung meraung raung.



Tarikan kurang dahsyat
wah kalo yang ini sich tergantung pengguna ya,,
Teori lagi nie,, tenaga besar berarti membutuhkan energi yg besar. Jadi motor ini kan 150 cc, taulah akibatnya kan?minum bensinnya banyak hahahahaha!! nah itu aja blum cukup,,nie motor kalau mau mendapat peforma terbaik jg harus diberi nutrusi terbaik jg,,layaknya kita kan di kasih vitamin, susu, dll. Tapi kalau motor kita gak semanja kita,, yang paling pentig ini motor harus di kasih bensin yang memiliki oktan diatas 90 atau minimal anda memakai Pertamax, kalau banyak duit ya pakai PERTAMAX++ yang warnanya merah. Oli pelumas mesin..Karena motor kita 4 Tak, walhasil pengetahuan tentang Olie wajib dipahami dengan baik. Mudah2an artikel ini memberikan pencerahan untuk para Satria…


Banyak motormania asal pakai oli mesin buat motornya, tanpa memperhatikan spek oli sesuai atau tidak. Jangan gitu, deh! Soalnya, teknologi mesin sekarang makin canggih. Alhasil menuntut pelumas sepadan.


Umumnya motor-motor keluaran 2001 ke atas, komponen mesinnya dibikin lebih presisi dengan meminimalkan clearance, Ujar Paulus Suwandi, general manager training 2W & 4W Dept. PT Indomobil Suzuki International (ISI). Agar pelumas mudah masuk ke celah-celah sempit tersebut guna melindungi terhadap gesekan langsung antarkomponen, diperlukan oli lebih encer.


Contohnya K*w**s*k* Z*1*0. Bila Anda perhatikan, pada tutup oli tertera angka 10W-40. Artinya oli yang cocok digunakan harus punya tingkat kekentalan 10W-40. Pada suhu mesin dingin, tingkat kekentalannya berada pada angka 40. Sementara saat mesin panas, ada di angka 10. Sebab, jagoan anyar Kawasaki ini mengusung teknologi mesin dengan jeroan berclearance sangat sempit. Misalnya rocker arm yang sudah menganut sistem bearing. Sehingga celah katupnya makin diperketat. Dengan begitu, sudah pasti membutuhkan oli yang lebih encer agar mudah menyusup ke celah tersebut.
Sementara pada produk Suzuki, disarankan menggunakan oli dengan spesifikasi SAE 20W-50. Begitu pula dengan rata-rata produk Honda maupun Yamaha. Tapi bukan berarti oli 10W-40 haram digunakan. Sebenarnya Oli yang lebih encer justru lebih bagus. Sayangnya, jika pakai pelumas tersebut suara mesin jadi lebih berisik dibanding bila pakai yang SAE 20W-50. Konsumen mana mau ngerti soal itu. Mereka tahunya motor baru mesinnya harus halus. Makanya oleh pabrikan standarnya dipakai yang 20W-50, terang Paulus.


Masih kata Paulus, oli SAE 10W-40 justru membuat kompresi mesin jadi lebih besar ketimbang oli yang lebih kental. Mesin pun jadi tokcer dihidupkan. Namun pada beberapa motor, bila menggunakan pelumas 10W-40, kemungkinan kampas kopling selip lebih besar, kata Eko Santoso, mekanik Milenium Putra Motor, Jln. Arief Rahman Hakim No.8-9 Depok. Makanya simak di kemasan luar oli apakah cocok buat mesin 4-T atau tidak.


Oli 20W-50 akan lebih banyak menimbulkan kerak dari SAE 10W-40. Namun karena lebih kental, suhu mesin terjaga. Itu bagus buat motor yang sering melakukan perjalanan jauh atau sering terjebak di kemacetan ibu kota, tambahnya. Selain itu umumnya harga oli 20W-50 memang lebih murah. Banderolnya rata-rata Rp 20 ribuan. Sedang yang SAE 10W-40 paling murah Rp 29 ribu. Pilih mana? Itu sih terserah anda, heeheheheh
(gw sudah mencoba memakai pertamax dan memakai pelumas Motul Sae 40 5100,, n hasilnya kmrn tmn gw blg : "Jo motor lw ringan bet,, tarikannya enak pula".. dalam hati moga2 ga rajin minjem ney anak)
ney oli yg gw pke





Selain itu kl mw hasil yang lebih lebih n lebih lagi,, bawa aja ke bengkel bwt modif,, misal ganti karbu King, ganti knalpot, pilot jet, spuyer dll. tp mungkin bensin lw rasionya 1 : 15 atau parahnya 1 : 10 hahahaahah( gw mah sbg anak kosan ogah)


Sering keluar suara ledakan dari knalpot
Nah ini ney,, pas gw lg jalan gt tiba2 koq kluar suara letupan dari knalpot,, gw kira apaan,, tp emang c efeknya pada motor ga ada. Tp keknya c ini cukup mengganggu qta,koq motor keren kerjaannya KENTUT ??
Nah crita punya crita ternyata itu dikarenakan dari pilot jet ney Satria. Pilot jet itu apa ya? pilot kan yg menerbangkan pesawat,, brati ney pilot nerbangin pesawat tempur. Trus apa hubungan ma motor??
 ternyata pilot jet itu gunanya untuk main bawah(gigi 1,2,3)sedangkan abangnya main jet untuk main atas (gigi 4,5,6). Nah tp skrg yg jd masalah kan pilot jet,,karena apa? ternyata dari pabrikan Satria FU pilot jetnya kalier 12,5. Yaiyalah masa motor balep kecil bet pilot jetnya?makanya kl ente bahlul mau ganti sama pilot jet ukuran 15 atau malah 17,5. Dijamin knalpot loe gak bakal kentut lagi deh,, cuma efek sampingnya sekali lg yaitu pada dompet anda,, motor jd lebih boros, tapi hasilnya gak ngecewain deh..


contoh gambar pilot jet



cepat panas
Nah ini banyuk dengar dari orang sih bilang,, kok Satria FU cpt panas ya??motor bebek gue aja gak segitunya deh.. Wah nie orag membandingkan goliat degan semut,, motor bebek dy tuh beda sama Satria FU,, dari segala sesuatunya aja udah beda,, tenaga apalagi Satria FU memakai sistem DOHC membuat ia terbaik di kelasnya.
Nah kalau ini mah gue baca dari artikel orang mereka biasanya pasang fan di depan mesinnya,ada kok dijual di bengkel gt harganya sekitar 50rb-60rb..
nie contoh fan nya



NaH sekian yang bisa saya berikan,, semoga bermanfaat.. Yang paling pntg adalah rajin2lah anda servis motor,,kalau bisa sebulan sekali, tapi minimal 3 bln sekali,, terus pilih oli yang terbaik dan ganti setiap 3000km (untuk pemakaian yang jarang) atau tiap servis (jika pemakaian kurang ajar,,mksudnya pemakaian yg over)..

Modifikasi motor Drag style

Nih, buat bikers yang penasaran & pengen tau, apa sih drag style, & seperti apa tipe modifikasinya dragstyle tersebut . siapa tau bisa menambah wawasan para bikers .

 
 

Tipe modifikasi seperti ini identik dengan velg jari dan ban nya yang berukuran kecil

Ubahan2 pada komponen mesin seperti bore-up mesin, up-stroke, dan ubahan pada noken *** dibutuhkan agar performa motor lebih bertenaga .Motor Drag juga biasanya mengganti
shock, CDI, dan carbu ...

# untuk CDI biasa memakai CDI BRT/Rextor yang sudah banyak di jual di toko2 vareasi motor .
CDI BRT akan mengefisienkan penggunaan bahan bakar, dan menghilangkan limiter pada motor .
Harga Kurang lebih untuk CDI BRT Hyper band : 350rb, untuk yang Dual band : 450rb , untuk yang i-max 25-step : 800rb . 

# untuk carburator disesuaikan tergantung kompresi mesin , untuk motor" modif plug n play misalkan ganti CDI n roller + per CVT biasanya pakai ukuran 28 .
Harga kurang lebih merk TDR/keihin : 350rb . 

# untuk Shockbreaker merk YSS yang sudah terbukti oke dan harga terjangkau
 Harga YSS untuk monoshock sekitar 450-900 rb tergantung tipe 



# Untuk motor seperti Satria FU150 n ninja RR/VR bisa ganti stang jepit agar pegangan lebih mantap saat mengemudi .
 


Motor Drag selain performa, juga memperhatikan penampilan motor itu sendiri .
Beberapa Merk velg yang terkenal dan mempunyai kualitas seperti TDR,DBS,Excel japan,dll dapat menjadi pilihan untuk membangun motor agan .


Nih ada gambar" velg nya :

Tersedia bermacam" warna untuk DBS everace :
 Harga RIM DBS sepasang : 325rb .
 
Adapun merk TDR :

Harga RIM TDR sepasang : 550-650rb tergantung tipe . 

Saran saya kalo untuk pemakaian harian dalam tampilan DRAG lebih baik memakai ban ukuran 60/80 karena untuk tampilan Drag cocok, dan tidak terlalu kecil seperti FDR drax yang ukuran 50/90 karena untuk ukuran kecil 50/90 kebanyakan orang mengeluh tentang velg almu nya mudah sepeleng. Karena velg almu tidak memiliki daya tahan seperti velg besi, velg almu cenderung lebih lemah terhadap benturan .

Tidak ketinggalan beberapa knalpot racing pilihan :


kalo total biaya saya ga bisa tentuin soalnya berbeda beda tergantung tipe motor dan tipe parts yang dipakai. Sekian gan, semoga dapat menambah wawasan agan kaskuser semua . terima kasih 




Modifikasi Vespa berbodi Kayu

Memodifikasi vespa tidak hanya bisa dibuat dengan logam atau metal seperti besi dan lainya? Seperti yang dilakukan Carlos Alberto, seorang tukang kayu asal portugal yang berhasil membuat vespa unik terbuat dari kayu (pastinya mesin bukan dari kayu).

Alberto mulai membuat vespa kayu dengan dibantu oleh putrinya pada Oktober 2007, Pengerjaanya memakan waktu 10 bulan (selesai sekitar Juli 2008). Vespa ini terbuat dari ukiran kayu asli dan menggunakan mesin Vespa asli buatan 1957. Hasil modifikasinya ini diberi nama Vespa Danieala. Vespa ini beratnya sekita 107 kilo, dan walaupun terbuat dari kayu, vespa ini mampu melaju hingga kecepatan 46 mph.

Begininih proses pengerjaanya :
Pertama, susun dahulu rancangan vespanya
 

Setelah itu, buat dasar body sederhananya

Kalo udah, mulailah dibentuk dengan model vespa
Lalu, buatlah komponen vespa yang lainya seperti stank, tanki, dan yang lainya
 

Sempurnakan kerangka Vespanya
 

Terakhir tinggal digabungkan dan diberi mesin, jadi deh!

Gimana bro, keren kan??